Saturday, September 14, 2013

Membuat Daftar Isi Otomatis

Nih, gua share bagaimana cara membuat Daftar Isi yang Otomatis dan rapi,,,
Ikuti setiap langkah-langkahnya ya....


1. Bikin dulu semua Laporan, Artikel, Makalah, dan sebagainya sampai selesai
2. Kalau sudah selesai, maka blok aja satu judul/frasa yang akan dimasukkan kedalam daftar isi, lalu arahkan kursor ke menu Home => Style => Heading 1
Contoh:
3. Lakukan untuk BAB II, BAB III dst.
4. Nah, itu baru untuk judul besarnya, kalau kita menambahkan point-point, misalnya
A. Latar Belakang
B. Tujuan
maka digunakan heading 2

contoh: 
5. Ikuti juga seperti langkah ke 3 diatas
6. Kalau masih ada sub-bab yang lain, gunakan Heading 3, Heading 4, dst
7. Sudah selesaikan... ternyata belum, untuk membuat Daftar Isinya, pergi ke halaman Awal, dan letakkan cursor dihalaman pertama itu
8. Sudah menuju ke halaman awal.., kalau sudah menuju menu References => Table of Content => Pilih aja Automatic Table
9. Horeeee, Berhasilll
10. Ups, Ternyata yang muncul tulisan Content. Tinggal edit aja kok tulisan Contentnya
11. Salah satu keuntungan dari membuat daftar isi ini adalah, jika ada pengeditan halaman, atau perubahan judul, bisa di update otomatis. tinggal klik kanan aja, kemudian Update Field
12. Nah, di update field kan ada 2 pilihan: 
  • Update page number only (khusus jika ada perubahan halaman)
  • Update entire Table (khusus untuk perubahan pada frasa kata pada daftar isi, misalnya Pendahuluan kita ubah menjadi Latar belakang.
13. Untuk pengudate-tan ini dilakukan bukan pada Daftar Isi

Tutorial ini Gratis, Tapi kalau pengen nyumbang, sumbangin aja k kotak amal mesjid terdekat atau Fakir Miskin di sekitar kamu...(FAE)


Padang, 16 Mei 2013

Lab. Komputer UNP

No comments:

Post a Comment